Friday, June 28, 2024

Proses Mengurus SIP di Aplikasi SILAT - DPMPTSP Kota Bekasi

Salam Sejawat.

Bagi Sejawat yang ingin mengurus perpanjangan SIP untuk tempat praktik di wilayah kota Bekasi, berikut langkah-langkah yang perlu Sejawat ketahui.

Update INFO dari KKI (15 Okt 2024)


    Sebaiknya Sejawat menggunakan laptop/Desktop PC, jangan menggunakan handphone karena akan potensi dianggap sebagai robot oleh server aplikasi.

Buka browser (Google Chrome, atau lainnya), lalu ketik kata kunci "APLIKASI SILAT KOTA BEKASI", akan keluar tampilan seperti di bawah ini. Aplikasi SILAT saat ini sudah menggunakan yang Versi 2 ya. 


Karena ini versi 2, maka harus membuat akun baru, pilih "DAFTAR


Lalu pilih opsi PERORANGAN

Isi isian yang tertera sampai LENGKAP dan tuntas. Nanti verifikasi melalui E-mail. Setelah akun teraktivasi, baru mulai dari awal lagi, pilih opsi MASUK.



Lalu pilih Fitur PERMOHONAN, muncul seperti di bawah ini, kemudian pilih SURAT IJIN PRAKTIK (SIP) DOKTER


Pilih BARU bagi yang hendak mengurus perpanjangan SIP


Berikut Berkas-berkas dokumen yang perlu disiapkan


Nah, silakan Sejawat mengisi lengkap formulir isian yang muncul - di bawah postingan ini tersedia LINK untuk download form format PDF Blanko Surat Permohonan SIP dan Blanko Surat Pernyataan Keaslian Berkas-berkas





Bila semua isian telah terisi atau terupload, baru mengklik tombol "KIRIM"



Lalu Sejawat dapat mengecek status permohonan yang baru dikirim di fitur  
STATUS PERMOHONAN

Tinggal dipantau secara berkala, sampai ada notifikasi "IJIN SIAP CETAK" artinya SIP sudah jadi. Nah lamanya proses notifikasi sampai ijin siap cetak, sekitar 3-5 hari setelah pengajuan permohonan lengkap diisi dan dikirim.


Bila sudah selesai, baru kita meluncur ke DPMPTSP, cukup membawa screenshot tampilan siap cetak atau nomor permohonan SIP Anda. Nah setiba di DPMPTSP, silakan duduk di ruang tunggu di sisi kiri, waktu admin datang, tampak sudah tidak tersedia mesin nomor antri. Anda tinggal duduk saja, nanti staf DPMPTSP akan menghampiri Anda menanyakan maksud kedatangannya, tinggal serahkan lembar screenshot nya/ nomor permohonan, tunggu sebentar, petugas mencetak, lalu memberikan SIP nya kepada Anda. GRATIS ya.










Post by : Tim P2KB IDI Cabang Kota Bekasi & Pusdatin IDI Cabang Kota Bekasi



No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar/Saran Anda bila postingan ini bermanfaat. Terima kasih

Symposium I & II - Pertemuan Ilmiah Tahunan XI IDI Cabang Kota Bekasi, 9 - 10 November 2024

Salam Sejawat Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kota Bekasi pada tahun ini kembali menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-11 pada hari Sa...